Friday, October 08, 2010

Indonesia vs Uruguay

oke iya aku harusnya belajar sekarang, mau mid-test.
tapi ehm, in this condition, hah persetan sama uts!

ya soalnya malam ini jam 8 berlangsung pertandingan kesebelasan nasional Indonesia dan Uruguay, pertandingan persahabatan di Gelora Bung Karno Jakarta. Dan saya nggak mau melewatkan pertandingan ini.

aku bukan penggemar bola, nggak ngerti apa-apa in fact. Tapi ini nasionalisme bung, aku cinta Indonesia! aku bisa menyediakan 1,5 jam waktuku untuk ikut menyemangati Indonesia dan menyaksikan perjuangan wakil-wakil bangsa di laga bola itu . I don't and won't have any regret.

aku nyengir dari awal nonton. ada fakta dan kecenderungan yang menarik saya, Saudara-saudara
*yak 10 detik lalu babak kedua dimulai, SEMANGAT INDONESIA RAYA!!!*

apa yang menarik??

pertama, sejak lagu kebangsaaan Indonesia dinyanyikan, penonton di stadion udah mulai terlihat semangatnya. Pertandingan pun dimulai. Pertama-tama yang bisa megang bola emang pihak Uruguay. daaan sekalinya pemain Indonesia dapat bola, sorak-sorai dan semangat penonton membahana "INDONESIA INDONESIA!" sesingkat apapun pemain Indonesia menyentuh bola, langsung teriakan penonton menyertai.
apalagi kalo bisa cukup lama mempertahankan bola dengan saling oper, wah lebih semangat lagi! akuilah, beban mental jelas tidak ringan ketika menghadapi Semifinalis World Cup 2010 kan...

kedua, lapangan Gelora Bung Karno lah, rumputnya copot-copot, terbang-terbang kalo ketendang hahaha

ketiga, pemain Indonesia masih suka main gerombolan, jadi di sisi Indonesia banyak banget pemain kita, di sisi Uruguay cuma 1 atau 2, Boaz atau Bambang Pamungkas

keempat, Uruguay bermain serius. mereka nggak menganggap remeh Indonesia.

aku histeris nonton di rumah, teriak teriak heboh sendiri. setiap kali bola mendekati gawang Indonesia, lalu kiper Markus menghalau dengan senyum innocentnya, AAAAAA! Bikin takut aja!

daaan waktu Boaz menggiring bola sendirian ke daerah Uruguay yang bener-bener sepi (entah strategi, jebakan, atau kebetulan semata), dan GOL PERTAMA pertandingan ini di menit ke-16, dari INDONESIA!
Wuaaaah senangnya supporter Indonesia, semua pemain nyengir dan Ibu Ani Yudhoyono sumringah sekali. Wah bangga banget!

Permainan mulai panas. Uruguay mulai menunjukkan permainan sejatinya.
memanas memanas... tim Indonesia diputar-putar, lari sana sini, menguras tenaga, menurunkan konsentrasi. lalu gol pertama Uruguay tercetak. masih ada semangat untuk memperbaiki keadaaan, kan masih seri. lalu mulai gol lagi, gol lagi. lemes.

sekarang udah 7-1 untuk Uruguay. well, pemain Indonesia udah mulai goyah dan lemas...

Uruguay yang Semifinalis World Cup 2010, jelas bukan lawan Indonesia.
so the point is, pertandingan persahabatan ini menjadi sarana menimba pengalaman dengan bertanding dan menyesuaikan diri dengan pemain jago di Internasional. Semoga dengan kesempatan ini, Indonesia jadi punya gambaran tentang pertandingan "yang sebenarnya" lah ya. Nggak ada waktu untuk kisruh tawur dan saling menjatuhkan di pertandingan dalam negeri kalo mau maju. Sportif dong, Indonesia!

Indonesia yang peringkat 131 dan Uruguay peringkat 7 dunia, well...
nggak masalah menang kalah, Bangsaku. yang penting bagaimana kita bersikap, belajar, dan maju lebih baik lagi dari sebelumnya.

Hebat, Indonesia. Hari ini membanggakan. Setidaknya kita berjuang dan berusaha, bukan pecundang yang pengecut.

mau kaya apapun, bagaimanapun, seperti apapun, aku tetap cinta INDONESIA. Selamanya.

No comments:

Post a Comment

comments are well-welcomed, Dear Readers. Please do write some, thank you.