Tuesday, November 16, 2010

Merepotkan

Kadang, tanpa kita sadari, kita menutup pintu jalan penyelamat yang ada di hadapan kita. Alih-alih menggunakan kesempatan yang sudah ada, kita mencari jalan lain dengan cara menyusahkan banyak orang. 
Merugikan orang lain untuk hal yang tidak perlu. 
Pantaskah? 

Well, malam ini aku dapat pelajaran berharga. Mumpung masih inget detailnya, aku tulis sekarang. 

Malam ini aku pulang les biola, lalu niat ke toko buku deket sekolah karna ada yang perlu dibeli. 
Berhenti di lampu merah. Yak ganti hijau, langsung gas dan seperti biasa ganti gigi untuk tambah kecepatan. Maka dimulailah kisah ini. 

Ceklek - ganti gigi 2. Loh loh loh kok malah nggak bisa maju, udah di gas tapi nggak maju? Ada apa ini? Wah nggak beres nih. Langsung sein kiri, pelan-pelan minggir.
Aaah udah dinetralin, masuk gigi 1 nggak ada perubahan, masuk gigi 2,3,4 juga nggak bisa jalan. Ada apa ini?? di sekitarku cuma ada 1 bapak becak yang lagi nunggu di becaknya. Sempet kepikiran minta tolong sih, ah tapi entah kenapa aku nggak tergerak untuk turun dari motor dan minta pertolongannya. Ah hopeless dan ngga tau harus ngapain deh, langsung telp Bapak minta Bapak dateng.
Sambil nunggu Bapak, aku coba lagi siapa tau bisa. Hasilnya sama aja. Bunyinya gretek-gretek-gretek kaya ada yang rusak.

"Itu rantainya, Mbak" Ternyata si bapak di becak itu yang ngomong. Si bapak itu turun terus mendekat ke motorku. Aku turun dan ikut ngeliat rantainya. Udah malem dan tempat itu gelap, jadi nggak begitu keliatan.
"Iya tuh, Mbak, rantainya lepas." kata si bapak yang udah jongkok. Wah iya, ternyata lepas. Glek.
"Oh iya ya, Pak. Terus gimana ya, Pak?"  
"Ya dibawa aja ke bengkel, deket situ" Bengkel? Oh ada bengkel deket sini?
"Di mana, Pak?"
"Itu deket situ, ngga jauh enggak" 
"Oh iya, makasih ya, Pak, makasih"

Lalu aku tuntun si revo merah, sambil mikir. Kalo iya bener ada bengkel di situ, aduh, ngapain tadi aku nelpon Bapak? Ah ngerepotin aja!
Dan, nggak jauh dari tempatku berhenti tadi, bener aja. Ya, ada bengkel disitu! Hah, legaa.. Alhamdulillah..

"Kenapa, Mbak?"
"Ini rantainya lepas?"
"Oh iya" Langsung dikerjain sama montirnya.
"Tadi lepas di mana, Mbak?
"Di lampu merah situ"
"Jatuh nggak?" Hah, jatuh? Jadi tadi harusnya aku jatuh? Karna rantai lepas aku bisa jatuh tadi di jalan?!
"Enggak, Pak"
"Oh belum jalan ya tadi motornya?"
"Udah Pak, tapi nggak jatuh" tanpa banyak kata langsung dikerjain lagi.
Lalu aku telpon Bapak lagi, bilang kalo aku udah nemu bengkel jadi nggak usah kesini. Ah sepertinya Bapak khawatir, jadi Bapak tetep bilang mau dateng.

Nggak lama, sebentar aja udah selesai. Nggak mahal juga, untung aku bawa uang.
Langsung sms Bapak kalo udah beres dan nggak ada masalah.
Lalu aku tunggu Bapak datang.
Ya Allah tau gini aku nggak nelpon Bapak tadi, kan jadi ngerepotin...

Bapak dateng, sama Mas ternyata. Ah makin nggak enak aja.
Aku bilang tadi rantai lepas, sekarang udah nggak papa.
Aku nyengir innocent, "He he, bikin heboh dunia, ya?"
Si Mas bahkan nggak sempet berkata-kata. Tapi dia nyengir juga akhirnya.

Bapak turun dan bilang makasih ke montirnya, lalu bawa pulang biolaku. Aku jalan lagi ke toko buku, kembali ke tujuan utama.

----The End---

Ya, ceritanya berakhir disitu. Tapi di sepanjang perjalanan pulang, oh Ya Allah Ya Raabb..
Aku merasa sangat dijaga, dikasihi, ditolong, dan dilindungi Dia Yang Maha Perkasa.
Hanya saja aku yang bodoh. Aku yang bodoh sehingga meluputkan banyak hal.

Dari awal, lepas rantai itu emang bikin kaget, tapi nggak sampe bikin aku jatuh, atau macet mendadak. Aku masih sempet sein kiri dan pengendara kendaraan lain juga meskipun padat tapi kebetulan lagi tenang, jadi nggak ada yang marah-marah waktu aku tiba-tiba sein kiri dan minggir, dan nggak ada yang nabrak juga. Alhamdulillah...

Lalu Dia Yang Maha Pengasih menempatkan si bapak becak itu di dekat tempatku berhenti. Bapak becak yang menyelamatkanku. Kalo dari awal aku mau turun dan minta tolong si bapak, si bapak itu pasti akan langsung ngasi tau aku kalo ada bengkel di deket situ. Aku nggak perlu nelpon Bapak dan bikin Bapak dan Mas repot. Kalo aja aku tenang waktu itu, aku nggak akan manja dengan langsung nelpon Bapak, padahal aku belum ngapa-ngapain. Tau rantai lepas aja enggak.

Dia Yang Maha Baikhati menakdirkan kejadian itu di tempat itu, yang ternyata dekat bengkel. Cukup jalan nggak sampe 100 meter, ketemu deh sama bengkel itu. Jarang-jarang ada bengkel yang buka malam ini. Ternyata masalahnya kecil dan bisa selesai sebentar. Aku bener-bener nggak perlu ngerepotin Bapak seharusnya. 

Kalo aja dari awal aku mau tanya ke bapak becak itu, aku nggak akan ngerepotin siapapun.
Tapi aku bahkan tidak menggunakan pertolongan dari Allah, malah meminta pertolongan yang lain. 

Pantaskah? 
Pantaskah merepotkan orang-orang dengan masalah yang seharusnya bisa aku selesaikan tanpa menghebohkan mereka? Dengan kenyataan bahwa aku sendiri nggak berusaha menyelesaikan masalah karna aku nggak merhatiin keadaan motorku, lalu aku merepotkan Bapak dan Mas, padahal solusinya sangat dekat kalau aku mau usaha?

Aku menyesal merepotkan. Maaf ya, Pak. Maaf ya, Mas. Aku manja banget hari ini. Terimakasih karna mau datang menyelamatkan si bungsu ini yaa ::kiss and hugs::

dan yang jelas,
Alhamdulillah. Dari sekian hal-hal yang saya sadari itu datang dari-Mu, pasti masih banyak hal lain yang telah Engkau berikan tapi tidak saya sadari - karena keterbatasan saya.
Banyak pelajaran berharga yang bisa diambil dari pengalaman ini.
Terimakasih Ya Rabb, untuk segalanya. 

terimakasih yaa yang udah baca. mudah-mudahan bermanfaat. 
Any feedbacks are well-welcomed, thank you.  ::smile:: 

No comments:

Post a Comment

comments are well-welcomed, Dear Readers. Please do write some, thank you.